Prosedur pada MySQL

Selamat sore teman, kali ini saya akan membagikan postingan yang berhubungan dengan database atau basis data. Database dibuat sebagai wadah atau tempat data-data didalam sebuah program aplikasi baik itu web maupun desktop. Didalam pembuatan program aplikasi, database merupakan salah satu syarat penting didalamnya. Jika suatu program aplikasi tidak memiliki database, maka program tersebut tidak bisa memasukkan sebuah data yang bisa dikelola lagi. Didalam database ada yang namanya prosedur.
Prosedur merupakan objek dalam database yang berisi runtutan perintah atau statement yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus tertentu dari pembuatan database. Sebuah prosedur yang telah dibuat dapat digunakan secara berulang-ulang. Sehingga dapat mempersingkat penulisan kode atau perintah didalam program yang digunakan untuk mengirim permintaan ke server database.

Manfaat dari penggunaan prosedur didalam pembuatan program dan database antara lain:
  1. Sintaks SQL atau database lebih fleksibel.
  2. Memiliki kemampuan untuk menangani kesalahan (error).
  3. Pembungkusan kode (code packaging and encapsulation).  
Disini saya akan menunjukkan kerangka sintaks pembuatan prosedur :
     DELIMITER //
     CREATE PROCEDURE Nama_Procedure()
     BEGIN
     Isi_Procedure
     END;
     //
     DELIMITER ;

Contoh:
 
 Cara memanggil nama prosedur yang telah dibuat dengan cara
     Call Nama_Prosedure()
 

Penerapan dalam program adalah sebagai berikut:


Kesimpulannya adalah prosedur mempermudah dalam penulisan sebuah program yang berkaitan dengan basis data, pada sintak program kita tidak perlu menuliskan sintak yang penjang untuk menampilkan sebuah data dalam database, kita hanya perlu memanggil nama prosedurnya saja. Ini tidak hanya berlaku untuk aksi menampilkan saja, namun semua aksi ataupun yang lainnya dapat dibungkus dengan prosedur.

Comments